Sabtu, 23 April 2016

[MOVIE REVIEW] Rudderless (2014) : Can Music Save Everything?
00.31.00

[MOVIE REVIEW] Rudderless (2014) : Can Music Save Everything?


Berangkat dari hobi saya di kala senggang yaitu nontonin trailer-trailer film, baik yang akan tayang ataupun yang sudah tayang bertahun-tahun lalu, thumbnail Rudderless juga tidak luput dari perhatian saya. Awalnya karena ada tulisan Selena Gomez di sana, namun setelah trailernya saya putar, ternyata Selena bukan menjadi tokoh sentral di film ini. Jangan kecewa, film ini sangat-sangat menjanjikan kok dari trailernya juga.


Sebenarnya agak sulit untuk menceritakan sinopsis film ini tanpa spoiler, namun saya akan mencoba menceritakaanya tanpa mengganggu element of surprise dari filmnya sendiri. Film ini merupakan film debut dari aktor William H. Macy sebagai sutradara. Menceritakan tentang Sam (Billy Crudup) seorang eksekutif di sebuah agensi periklanan yang berencana mengajak sang putra Josh (Miles Heizer) makan siang untuk merayakan keberhasilan dalam proyeknya. Namun, sang anak tidak muncul dan ternyata sang anak menjadi korban dalam penembakan di kampusnya. Kematian sang anak yang tiba-tiba inilah yang membuat kehidupan Sam menjadi berbalik 1800 dan menggantungkan hidupnya kepada alkohol, tinggal di kapal, dan bekerja sebagai tukang. Hingga suatu hari sang mantan istri datang untuk menyerahkan beberapa CD dan alat musik milik almarhum sang anak. Sam pun mendengarkan beberapa lagu-lagu ciptaan sang anak untuk mengenang dan mulai memainkan lagunya di sebuah bar. Hal ini pun mendapat perhatian seorang anak muda bernama Quentin (Anton Yelchin) dan dari situ lah Sam dan Q, juga dua orang teman Q membentuk sebuah band bernama Rudderless.


Bagi saya, film ini sangat, sangat menarik dari segi cerita dan juga terasa sangat familiar. Mengambil sudut pandang yang unik yang mungkin kita tidak pernah berfikir bagaimana sih perasaan orang tua yang anaknya tiba-tiba meninggal secara tragis? Dari segi akting, para aktor berakting dengan cukup memuaskan. Billy Crudup sebagai Sam sangat mendalami karakter sebagai ayah yang kehilangan anaknya secara tiba-tiba dan mulai bertingkah seenaknya. Mabuk menjadi hal yang utama di keseharian Sam, dirinya bahkan hampir dipecat dari pekerjaanya sebagai tukang. Anton Yelchin yang berperan sebagai Quentin terlihat sangat menjanjikan di film ini. Seorang pemuda yang ingin menjadi musisi namun tak percaya diri dengan karya sendiri. Itulah Quentin si pemalu. And where is Selena Gomez? Selena berperan sebagai teman dekat dari Josh yang merasakan terpukul dan juga menanggung beban dari apa yang ditinggalkan Josh. Mengapa demikian? Film akan menceritakan semuanya.


Selain cerita yang unik dan akting para aktor yang cukup memuaskan, jangan melupakan unsur musik di film ini. Bagi kalian penggemar musik folk mungkin akan suka dengan semua original song di film ini. Semua lagu di film ini sangat, sangat memuaskan. Rudderless memainkan lagu-lagu milik Josh. I love all of it. Film ini juga merupakan film drama yang penggarapan musiknya tidak main-main. Para aktor menyanyikan sendiri lagu-lagu yang memang dibuat untuk mereka nyanyikan. Awesome!!! Billy Crudup bahkan bernyanyi untuk lagu berjudul Home dan Sing Along


Film ini merupakan salah satu film yang harus ditonton. Saya cukup heran kenapa sulit mencari review yang objektif tentang film ini, terlepas dari film ini merupakan film indie, karena menurut saya film ini layak mendapatkan apresiasi yang lebih walaupun film ini tentu saja tidak sempurna. Beberapa mungkin akan merasakan kebingungan dengan apa yang sebenarnya terjadi, saya saja sampai mengulang ke scene-scene awal untuk mencari tahu apa sih yang terjadi. Tapi, akhirnya kita sendiri akan tahu dengan seiringnya film berjalan. Pokoknya film ini sangan recommended bagi kalian yang suka film drama musikal semacam Begin Again atau Once dengan twist yang cukup membuat kita berkata ‘oooooh…gituuu’.


0 komentar:

Posting Komentar